Sabtu, 03 September 2016

Seruling PVC Bangsing

  Tak ada rotan, akar pun jadi…” (Pepatah berkata)


                Salam Kesederhanaan.


SS PVC Flute Bangsing G
          Bagi kebanyakan pemain instrument musik, kerusakan pada alat musik merupakan hal yang menyebalkan sekaligus menakutkan dan bikin kepala pusing. Kerusakan kecil yang mengganggu kenyamanan dan kualitas alat musik bisa bikin ganggu saat sedang latihan atau ketika digunakan untuk penampilan diatas panggung. Begitu juga saya sebagai pemain dan sedang belajar ( waktu itu dan sampai sekarang) alat musik seruling. Seruling pertama saya adalah seruling Bangsing atau bahasa populernya disebut seruling Dangdut berbahan bambu tamiang. Satu set seruling berisi 12 tangga nada tersebut rusak karena kurang baik merawatnya. Kerusakan yang di sebabkan oleh rayap – rayap nakal tukang gerogotin bambu itu sudah bikin 7 dari 12 seruling yang saya punya berlubang dan lapuk dari bagian dalam seruling. Serta mengeluarkan serbuk lembut akibat di gerogotin rayap kecil imut tapi nakal itu.

             Kalau mikir gampang saya pastinya bakal pesan lagi satu set seruling baru dari pengrajin seruling di daerah Cicaheum Bandung. Bapak Toto Suling biasa menerima pesanan seruling berbahan bambu. Tapi dikarekan pendanan buat beli serulingnya kurang, dan ketakutan kalau nanti terjadi lagi kerusakan gara-gara rayap ( karena saya sering lupa bersihin serulingnya, kebiasaan jelek. ) akhirnya dengan dana yang waktu itu cuma modal 20 ribu (yang ternyata cuma cukup untuk menebus 1 batang PVC tipis tipe D berdiameter 2 inch ) saya memulai sebuah projek yang tidak iseng tapi masih coba-coba. Yap!... projek seruling paralon atau pvc pun dimulai dengan peralatan seadanya serta tekad yang lumayan siap (siap salah dan gagal), dan berharap tragedi "seruling di gerogotin rayap" itu tidak akan terulang ( karena menurut penelitian doktor prosesor master spd msg sd card.Jon Harkojo tentang rayap yang enggak suka makanin Paralon).

               Selain hal biaya, juga karena ada salah seorang maestro Seruling PVC (saya sebut seperti itu) yaitu Muhammad Saat Syah (biasa disebut Saat Borneo) yang sudah semenjak tahun 90 an menggunakan bahan PVC sebagai bahan seruling buatannya (yang saya baca dari komentar di Facebook beliau). Nah kan ternyata banyak yang sudah memilih PVC sebagai bahan pengganti bambu dan beliau merupakan salah satunya.

Salah satu seruling yang gagal waktu pertama kali membuat
            Seruling bangsing sebenarnya dalam proses pembuatan cukup mudah. Mudah karena struktur bentuk tidak terlalu rumit. Tapi waktu saya mulai membuat ternyata ada beberapa kesalahan yang fatal hingga akhirnya 7 seruling yang saya buat waktu itu gagal total semuanya. Kegagalan itu karena saya tidak teliti pada beberapa hal seperti:
  •  Ukuran pipa pvc yang tidak saya ukur dengan benar sesuai contoh seruling yang saya punya.
  •   Posisi tiupan pada lubang tiup seruling tidak stabil. 
  •  Dimensi lubang kurang tepat dan bentuknya masih kurang rapi.
  • Nada yang dihasilkan masih belum tepat alias Fals.

 
Dan hal penting juga dari belajar membuat seruling atau alat musik dan semua hal didunia adalah pentingnya peranan guru untuk membimbing di bidang atau hal yang hendak kita pelajari.  Karena Kampus tempat saya belajar hanya ada dosen instrument pilihan Flute barat serta dosen akustik organology yang waktu itu jarang bertemu secara langsung akhirnya sebagai langkah awal saya memilih “guru” dunia maya yaitu disebut Mbah GOOGLE & Ki Youtube. Yah dalam rangka memanfaatkan teknologi dan berfikir serta bekerja secara cerdas ( walau bermodal jaringan Wi-Fi gratis dikampus, tetep mahasiwa terkadang isi dompet suka ceket.).


Perjalanan mencari data secara online nyatanya enggak semudah yang diperkirakan. Banyak yang menulis jurnal dan blog orang Indonesia yang menuliskan cara membuat seruling baik berbahan bambu maupun berbahan PVC. Tapi terbatas hanya pada tangga nada C dan itu pun hampir semuanya sama (saya rasa itu hasil copy paste). Hal itu membuat saya tidak puas. Hingga akhirnya saya menemukan secara tidak sengaja sebuah situs web orang luar negeri yang memuat tentang cara membuat seruling, Itu pun jenis seruling Tin whistle/feadog/penny whistle yang berasal dari Irlandia. Di situs itu dia memuat cara pembuatan seruling itu secara komplit (kebiasaan orang bule adalah sekecil apapun hal yang dipelajari pasti ditulis kedalam bentuk jurnal atau catatan kecil, tapi orang Indonesia juga banyak yang kaya gitu). Dan akhirnya situs cara membuat seruling versi dia dijadikan acuan dasar untuk saya memperbaiki seruling yang saya buat. Situs tersebut bisa pembaca akses di http://www.ggwhistles.com/howto/ .


Dengan acuan dari situs tersebut saya akhirnya kembali membuat seruling dari awal. Pemilihan bahan berdasarkan diameter dan jenis pvc juga akhirnya jadi pertimbangan saya. Tapi data jarak serta diameter lubang yang dicantumkan oleh situs tersebut tetap berbeda pada saat praktek pembuatan. Jarak dan diameter lubang tetap tidak akan sama pada kenyataannya tapi perbedaan tersebut tidak terpaut terlalu jauh. Disini saya berfikir mungkin setiap pembuat akan mempunyai hitungan serta cara rahasia yang tidak bisa dijelaskan dengan media tulisan atau lisan.

Sekitar 2 minggu lebih saya akhirnya merampungkan 12 tangga nada seruling Bangsing. Kesalahan pada proses pembuatan yang kedua ini bisa sedikit diminimalisir dan ketepatan nadanya juga sudah cukup tepat. Lika-liku laki-laki hahahahaha, maksudnya luka-liku pembuatan yang kedua ini lebih ke hal yang lucu, geli dan sedikit "mengenaskan". Mulai dari menyambangi hampir ke 5 TB (tempat menjual peralatan dan bahan bangunan, biasanya di sebut TOKO BANGUNAN)  yang berbeda untuk mencari beberapa ukuran yang berbeda (berbeda merek pvc ternyata berbeda juga diameter dalam ukuran cm walaupun satuan inchinya sama) , ditanya buat apa beli paralon yang semuanya berbeda ukuran (dan dijawab "mau bikin kerajinan tangan buat tugas KTK"), selalu pelan-pelan saat lewat toko bangunan berharap ada ukuran yang tepat. Sampai disebut " Tukang Servis Pipa Paralon untuk Ledeng" oleh teman kampus karena selalu bawa potongan paralon kekampus untuk dibikin seruling (karena waktu proses 12 seruling saya yang pertama, saya selalu bikin dikampus sambil nunggu jam masuk kuliah dan di sela-sela waktu luang dikampus.). Tapi semuanya adalah sebuah hiburan supaya tidak stress gara-gara mikirin seruling. Dan berikut penampakan 12 seruling pertama saya.


12 Seruling dengan 12 tangga nada berbeda. 1 set seruling ini yang akhirnya menjadi acuan dasar serta standar untuk jarak dan diameter pada semua seruling buatan saya.

  Berikut dibawah ini poto seruling pvc bikinan saya bila ada pesanan.


PVC Bangsingnya masih polos belum pake dekorasi.
Lubang tiupnya (embouchure hole) berdiameter 10 mm sampai dengan 12 mm.
Untuk lubang nada berjumlah 6 lubang. Nah lubang di paling ujung bawah itu adalah nada tonalitasnya. tapi ga usah di tutup ama jari, jauh soalnya.


Ini penampakan lubang paling bawahnya.


Setelah 12 buah seruling rampung dibuat kemudian saya membuat makalah tentang proses pembuatan serta video tutorial untuk dijadikan tugas kuliah atas pertimbangan dosen Akustik Organologi Bpk. Asep Nata (beliau juga merupakan pengrajin Karinding towel) yang kebetulan juga mengajar mata kuliah yang waktu itu saya ambil yaitu  Seminar dan Metodelogi penelitian. Dan Pak Asep Nata ini biasanya selalu memberi masukan seputar struktur organologi alat musik. Yah sebagai teman dan guru untuk sharing seputar seruling yang saya buat.


berikut dibawah ini adalah bagian dari makalah saya tentang seruling pvc 
                 A.     Tujuan Pembuatan

Tujuan dari proses pembuatan Seruling Diatonis berbahan PVC ini adalah :

  •  Membuat data proses pembuatan dari pemilihan bahan hingga proses finishing secara lengkap.
  •   Melatih kemampuan dalam segi keterampilan tangan dalam membuat alat musik.
  •   Menghasilkan alat musik yang tahan hama, awet, tidak mudah terpengaruh perubahan suhu serta  memproduksi alat musik dengan kualitas terbaik.
B.     Manfaat dari proses pembuatan
            Manfaat yang didapat dari proses pembuatan ini antara lain :

  •       Dapat dijadikan acuan bagi pengrajin pemula. 
  •    Menciptakan lapangan pekerjaan bagi pengrajin pemula.
  •    Sarana pembelajaran praktek bagi pelajar bahkan mahasiswa.
  •   Alat yang dihasilkan dapat dimainkan untuk komposisi musik.
  •   Dapat dijadikan souvenir.



                  C.     Waktu pelaksanaan pembuatan
      Waktu yang dibutuhkan untuk membuat 12 seruling ini sekitar 2 minggu. Minimal 1 hari seruling. Dengan syarat keterampilan dan konsentrasi yang cukup selama proses pembuatan. Dan proses finishing untuk dekorasi warna membutuhkan 1 minggu tergantung selera desain pengrajin.


BAB III PROSES KARYA
A.     Alat dan Bahan

a.       Peralatan pembuatan
  • ·         Cutter
  • ·         Pisau raut kecil
  • ·         Meteran kain
  • ·         Pensil
  • ·         Gergaji besi 
  • ·         Kayu gagang sapu
  • ·         Besi beton 3 ukuran
  • ·         Kertas amplas halus dan kasar
  • ·         Tuner (direkomendasikan untuk pengrajin pemula menggunakan tuner digital atau aplikasi tuner di smartphone)
  • ·         Kayu kecil sepanjang 60 cm
b.      Bahan seruling
  • 3 buah paralon  (berwarna putih, biasanya untuk saluran air bertekanan rendah) yang masing-masing berdiameter:
  1. PVC  5/8” (1,7 cm ,rekomendasi merek Aqualon).
  2. PVC ½” (2 cm)
  3. PVC  1” (2,2 cm)
  •  sandal jepit untuk sumbat ( rekomendasi merek sandal Swallow dan yang baru)
c.       Dekorasi
          Untuk dekorasi tergantung kepada selera pengrajin. Dekorasi membantu untuk menambah tampilan seruling agar semakin menarik. Pada proses ini  penulis memilih dekorasi yang biasa ada di seruling Bansuri (India Bamboo Flute).

  • ·         Benang hias 3 gulung terdiri dari 2 warna cerah dan 1 warna hitam.


B.     PROSES PEMBUATAN
Pada proses pembuatan seruling yang pertama ini kita akan membuat seruling dengan tangga nada dasar C Mayor. Proses pembuatannya saya buat dalam bentuk video berdurasi 30 menit di situs berbagi video Youtube, berikut link https://www.youtube.com/watch?v=R2ukooTihuk. Dan bila pembaca hendak belajar membuat seruling pvc dan membutuhkan contoh ukuran dan jarak serta diameter pvc yang saya gunakan, pembaca dapat mengirim pesan melalui email saya (alamat email ada di bio saya).

Setelah seruling Bangsing selesai dibuat muncul pertanyaan " Masa warnanya polos aja gitu?", akhirnya saya mulai memikirkan dekorasi untuk setidaknya "memperindah" Seruling PVC saya. Dekorasi yang saya pilih mengacu ke dekorasi khas Bansuri. Sekedar info, Bansuri adalah seruling khas India yang tonalitasnya disebut Raga. pembaca bisa mengakses hal tentang Seruling Bansuri di situs web berikut :
          Menurut perkiraan saya, Bansuri sepertinya adalah asal mula Bangsing. Karena keduanya memiliki kesamaan secara fisik juga ciri khas memainkan nada ( kalo di bahasa Sunda mah cengkok) walaupun penggunaan Scale nada yang berbeda. Dan juga Bangsing biasa dimainkan dalam orkes musik Dangdut dan Dangdut adalah jenis musik campuran yang dari beberapa bangsa di dunia termasuk India (Indonesia kan dulu terkenal sebagai persinggahan para pedagang dan sudagar kaya, juga sebagai salah satu pusat rempah-rempah terbaik dan tempat berdagang yang strategis), maka pengaruh India melalui instrument musiknya yaitu Bansuri dan Tabla (di Indonesia biasa disebut Tam-Tam) memungkinkan masuk ke Indonesia. Tapi saya engga bisa menjelaskan kenapa bisa jadi disebut Bangsing. Mungkin juga nama Bangsing mengacu pada hal-hal yang mengandung kearifan lokal masyarakat Indonesia.

         Sebetulnya kalau segi dekorasi lebih ke persoalan selera. Dan kenapa saya memilih dekorasi Tali agar terlihat sederhana tapi elegan (semoga ekspektasi saya tidak melenceng). Selain itu dekorasi lilitan tali adalah dekorasi paling mudah diterapkan juga tidak memakan biaya.


Berikut poto seruling yang sudah di dekorasi.
Dekorasi tali dan logo. 




     
         Akhirnya sampai di penghujung tulisan blog ini, hahahahahaha. Jadi begitulah cerita pengantar tidur eh cerita tentang pengalaman seputar seruling Bangsing SS Flute buatan saya. Sebenarnya engga semua hal detail bisa saya jelaskan ditulisan. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam kata - kata yang tersusun hingga membuat perasaan pembaca menjadi tersinggung. Bila mana ada pertanyaan, penyataan, atau yang mau berbagi info lain seputar Bangsing boleh kiranya mengomentari di kolom komentar. Sekian dari saya sebagai penulis yang masih latihan menulis blog dan bermain Bangsingnya. Semoga tulisan di blog ini bisa menambah wawasan serta bermanfaat dan membantu pembaca.

Salam Kesederhanaan.
Semoga Cocok

Penulis
Suwarto Suryanto
Stock Project Musik
SS PVC Flute Handmade


56 komentar:

  1. Manfaat mantap makyoss maaa nain deui eta we lh kang haah

    BalasHapus
  2. Salam sejahtera. Gimana ukuran seterusnya mas. Aku udah bikin guna pvc berukuran 2.2cm. Lobang tiub, do dan re udh dbikin.. Malah ukuran bagi lobang mi fa dan seterusnya ngak tau.. Di email ke saya ya mas

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. saya ada tabel ukurannya kang kalo mau kontak via email

      Hapus
    2. minta tabel nya kang , sy udh coba bikin sendiri tp masih ngambang suaranya

      Hapus
    3. Mas boleh minta tabelnya gak? Kalau boleh sy mau minta mas...
      Ini email saya : renoarya81@gmail.com
      Terimaksih sebelumnya mas.
      Semoga sukses selalu...

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Minta tabel nya kang..😭😭😭😭😭😢😢😢

      Whosoeverjerri@gmail.com

      Hapus
    6. Minta tabel nya kang..😭😭😭😭😭😢😢😢

      Whosoeverjerri@gmail.com

      Hapus
  4. Mas emailnya apa.boleh send ke email saya

    BalasHapus
  5. Hebat luar biasa banysk prodak berbagai kunci nada

    BalasHapus
  6. mas bisa minta ukuran tangga nada yang lainnya ?

    BalasHapus
  7. Kang suling paralon gening teu aya suaraan nya . Kdah kmha kang

    BalasHapus
  8. Mas boleh minta ukuranya kah emule saya
    : rachmat.aska17@gmail.com

    BalasHapus
  9. Kang sayamah fals wae gning bkin suling teh...lmun meser sbrahaan hijina..di antos jwabanna

    BalasHapus
  10. Kang saya jadi tertarik ingin menjoba sendiri, kang bleh gak minta kirim tabel tangga nada nya...

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Boleh minta tablet ukuran pembuatan serulingnya bang..
    Kalau boleh tolong emailkan ke yufalpasaribu@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  14. boleh mintak tabelnya bang imail saya khoirunnasikin77@gmail.com

    BalasHapus
  15. Boleh minta tablet ukuran pembuatan serulingnya boz.
    Kalau boleh tolong emailkan ke jambulnanang2@gmail.com
    Terimakasih boz

    BalasHapus
  16. bang boleg minta daftar tangga nadanya jarak-jarak tangga nadanya bang !

    BalasHapus
  17. Bang boleh minta tabel tangga nadanya dong,
    Nanangsaputra42@gmail.com

    BalasHapus
  18. Bang boleh minta tabel tangga nadanya.
    Nanangsaputra42@gmail.com

    BalasHapus
  19. Mas tlong dong share ukuran jarak lobangnya.. Ni email sy.. 123sogol@gmail.com trmksh ya mas

    BalasHapus
  20. Kang,bisa minta ukuran lobang dan jarak untuk setiap nada dasar seruling,misal nada g ukuran lb tiup dan lobang nada,nada a lb tiup dan lb nada,,,di email ke hanung.aksa023@gmail.com ya kang,,,thx

    BalasHapus
  21. Kang aku minta tabel ukuran suling lah buat latihan bikin sendiri. Suwun.. Sukses slalu kang Suwarto

    emailku: darwanto688@gmail.com

    BalasHapus
  22. Kang aku minta tabel ukuran suling lah buat latihan bikin sendiri. Suwun.. Sukses slalu kang Suwarto

    emailku: darwanto688@gmail.com

    BalasHapus
  23. Kang boleh atuh tabel nya irfan.delafan@gmail.com

    Nuhun

    BalasHapus
  24. Gk bunyi padahal sesuai dengan prosedur

    BalasHapus
  25. Gan minta tabel ramaguig@gmail.com

    BalasHapus
  26. Balasan
    1. 👍👍👍👍👍👍👍👍 Elisa

      Hapus
  27. Boleh minta tabelnya gk...ni email saya rheymopeaces@gmail.com....makasi sebelumnya

    BalasHapus
  28. Kang, mau minta tabelnya ya. Kirim ke email saya

    vicco.vidiana@gmail.com

    Nuhun kang :D

    BalasHapus
  29. Kalo boleh Minta tabelnya om via email mamankalans@gmail.com

    BalasHapus
  30. Kang boleh minta tabelnya?
    Ini email saya wildhansuryaabadicell@gmail.com

    BalasHapus
  31. KANG BOLEH MINTA JUGA TABELNYA..
    INI EMAIL SAYA aryaevo9@gmail.com
    karena sdh 10 biji gagal semua kang

    BalasHapus
  32. Mas minta tabelnya pvc yg ukuran 1/2", udah berkali-kali buat tapi suaranya g bisa seperti seruling yg sampean buat. Sama minta saran Punya ku kembung blom bisa kya lantang gtu. Supaya lantang tu gmn mas. Mohon bantuanx
    Email q : bayukrisna1999@gmail.com

    BalasHapus
  33. Kang minta ukuran perbandingan lubangnya.minta izin
    Via email aja ya

    BalasHapus
  34. Kang bsa mnta tabelnya,sya mau nyoba buat,karna suling dangdut saya dari bambu dh ad yg bengkok dan nadanya ngawur,mohon bantuanya kang,
    Iqbaledan@gmail.com

    BalasHapus
  35. Izin kang? Pami tiasa ukeun tabel suling vpc'a kang.Pia email- mamankalans@gmail.com. haturnuhun sateuacana..mudah2 kaihlasana sing nambih beqkah kangge akang.

    BalasHapus
  36. Boleh mintak tabelnya mas kirim ke email khoirunhirusma105@gmail.com

    BalasHapus
  37. Kang boleh mintak tabelnya kirim ke email khoirunhirusma105@gmail.com

    BalasHapus
  38. Minta tabel nya mas. Mkch sblmx

    BalasHapus
  39. Salam kenal bang dari aceh,Bang saya baru belajar membuat seruling kalau abg bisa bantu ajarkan cara membuatnya di chat aja bang email saya arazekan123@gmail.com salam bermusik dari aceh

    BalasHapus
  40. Kang warto saya pesan suling paralon dangdut 1 set..brapa dan krm no.reknya...tmksh...saya bambang di berau kaltim

    BalasHapus
  41. Kang minta tabrlel ukuranya kang terimaksih semoga dilancarkan rezekinya. jambulnanang2@gmail.com

    BalasHapus
  42. Saya butuh cepat untuk nada c, punya stock?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo... untuk pemesanan bisa menghubungi kontak kami di 085659034251

      Hapus